Sabtu, 25 Juli 2015

JANGAN PANIK MARI PIKNIK#1 : PANTAI NGLAMBOR

Salam lestari!

Kali ini, saya Emma Nisa, si bocah yang ngakunya suka petualangan tapi nyatanya baru sempet beberapa kali ngerasain petualangan (yang sesungguhnya). Disini, saya pingin ngasih tau swot dan sedikit ulasan mengenai salah satu destinasi wisata saya liburan ini.
NGLAMBOR BEACH, WERE DONE.

Pantai Nglambor, pantai yang terkenal dengan snorkeling nya, keindahan dasar laut yang memukau mata. Itulah alasan kenapa saya berani, bisa dibilang nekat bin ajib bukan main. Pasalnya, saya memulai perjalanan ini dari awal sampai akhir hanya berdua pakai SEPEDA (motor),apalagi bukan sama pacar, tapi TEMAN dan itu CEWE. HAHAHA

Kami memulai perjalanan kami dengan antusias yang luar biasa, bagaimana tidak, yang biasanya liburan ber kebo kebo ria bangun siang, kali ini kami bangun subuh dan segera bersiap siap untuk berangkat. Jam 05.30 kami memulai perjalanan indah ini, diawali dengan basmalah dan hati yang mantap, tak lupa jua restu para ibunda, kami siap untuk memulai kehidupan yang baru #apabangetsih. Bisa dibilang begitu, walau sedikit. Its mean, harapan ku setelah melakukan survive ala alaa cecan kaya gini, bisa memberi motivasi diri dan refreshing menyongsong masa tenggang liburan yang kian direnggut oleh waktu.

Jalan Wonosari adalah rute yang kami ambil. Jalan ini tidak macat, hanya saja ramai terutama dalam arus ke Jogja. Namun untuk jalur ke wonosari sendiri lancar dan masih kondusif. Untuk kalian para wisatawan yang ingin lewat Jalan Imogiri juga bisa, namun alangkah baiknya untuk menggunakan safety riding dan kendaraan yang aman. Pasalnya, rute ini memiliki jalan yang berlubang dan sedikit ekstrim. Dan untuk kalian yang ingin ke Pantai Nglambor tapi pingin lewat Pantai Parangtritis? Juga bisa. Jadi, tinggal ambil Jalan Parangtritis lurus sampai ke Parangtritis dan ke kiri, ikuti jalan dan naikan. Kelebihan dari jalan ini ialah rute yang tidak crowded dan sedikit polusi sehingga lebih fokus dalam berkendara. Tapi sayangnya, tanjakan jalan ini 2 kali lipat daripada Jalan Wonosari. Jadi saran saya, tergantung bagaimana capasity yang kalian ingin kan. Semisal ingin yang cepat, atau alternatif bisa lewat Jalan Imogiri/Jalan Bantul, namun apabila ingin rute yang lebih ramai akan penduduk dan banyak kuliner serta tempat perbelanjaan, alangkah baiknya untuk melewati rute Jalan Wonosari.
Sekitar 3 jam kami sudah melakukan perjalanan, dengan total jarak dari Jogja 78 km. Dan sampailah kami ke kompleks Pantai Siung. Pantai Nglambor terletak di kawasan Pantai Siung, jadi, tidak tercantum di plakat arah. Ikuti saja rute pantai siung. Pantai Nglambor ada di deretan kedua samping pantai Jogan, sebelum pantai siung. Jarak antara masing masing pantai kira kira kurang lebih 1 km.

Nah jika kalian sudah menemukan segerombolan tukang ojek, berarti kalian sudah sampai.  Beruntunglah bagi kalian yang pake sepeda motor, karena kalian bisa langsung ke pantai walaupun dengan melewati jalan yang super menyenangkan. So, pegang erat erat partner kalian  dan pastikan barang kalian tidak mudah terjatuh. Karena jalan ini tampak seperti hmmmmm rute motor tril, bukan motor biasa. Untuk para pengemudi mobil, mereka diharuskan untuk berjalan ke tepi pantai sejauh 1 km dari tempat parkir. Karena, mobil tidak diperbolehkan mendekati tepi pantai. Semangat kalian bagi para pengendara mobil^^

Rettereeeeeet!!!
Congrats kalian semuaaa yang udah sampe Pantai Nglambor iniii. Berhati hatilah kalian akan batu batuan yang licin, karena jalan ke pantai ini dipenuhi bebatuan dan turunan yang agak tinggi.

Pantai ini sudah diresmikan oleh pemerintah pada 1 Maret 2015 silam. Asal mula pantai ini ialah ketika seorang survivor dan snorklers mencoba snorkeling di pantai ini. Beliau pun, merasakan bahwasanya pantai ini memiliki nuansa yang sangat indah ketika diselami, dan pada kurun waktu berikutnya, beliau pun mengadakan lomba snorkeling yang alhasil menjadi gong bahwa Pantai Nglambor layak dan menarik untuk dijadikan destinasi para wisatawan terutama para snorklers.
Catatan untuk kalian bagi yang ingin snorkeling, jangan lupa untuk menyewa alat alat menyelam.
Untuk menyewa alat tsb, bekisar 35 sampai 50 ribu. Waktu penyelaman tergantung pasang surut air laut, jadi tidak konstan sama per tiap hari. Menurut saya, waktu pasang lebih seru untuk dijadikan moment ber snorkeling ria, karena lebih banyak ikan ikan kecil nan lucu yang bermain di sekitar terumbu karang. Tetapi, catatan untuk para wisatawan yang membawa anak kecilnya, alangkah baiknya kalian menyelam lebih pagi karena air laut sedang surut dan aman terkendali.

Naaah ,itu dia beberapa informasi mengenai Pantai Nglambor. Kecapekan saya terbayar puas akan keindahan pantai baik di dasar laut maupun karang karang di luar. So, tunggu apalagi. NGLAMBOR BEACH WAITING FOR YOU:)

Beberapa dokumentasi saat ber Nglambor bersama....