Jumat, 10 Juni 2016

6 KEISTIMEWAAN SMA N 5 YOGYAKARTA YANG HARUS KAMU KETAHUI



1. SEKOLAH AFEKSI
Ada yang gak tau afeksi itu apa? Pokoknya afeksi itu mengacu pada suatu aspek yang disebut afektif. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Nah yang dimaksud disini adalah SMA 5 YOGYA atau biasa disebut MACHE adalah salah satu sekolah SMA Negeri di yogya yang sangat berusaha untuk menyeimbangkan dan mengasah kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Apa aja sih kak yang biasanya dilakuin buat menunjang sekolah afeksi ini? Wah banyak sist gan, diantaranya ada Tadarus tiap hari yang dibimbing dari sentral. Kalau buat yang non islam? Tenang aja. Kita punya ruang ibadah nonis dimana setiap harinya bakal diisi materi siraman kalbu sama ibadah bersama yang dibimbing oleh guru. Bukan cuman itu, masih banyak lagi! Kaya sholat dhuha berjamaah, rohis rohkat rohkris yang aktif dan lain sebagainya. Siapa coba yang gak mau tadarus tiap hari sebelum belajar di sekolah? Udah doa, di mulai dengan tadarus, kurang barokah apa? Heheheee. Bukan cuman dengan kegiatan diatas, penanaman moral berbakti pada guru, sopan santun, budi pekerti terhadap sesama tetap jadi prioritas utama. Karena orang yang cerdas, bukan lah orang yang bagus nilainya aja, tapi bagus perilaku nya. 

2. PENGHARGAAN SEKOLAH TER-AFEKSI JUARA I NASIONAL


Nah diatas merupakan bukti objektif tentang menangnya MACHE dalam kancah keafektifan di tingkat Nasional. Wuhuuu so proud to be mache’s family! Kalau menang Nasional tentu kespesialannya dalam hal itu gak bisa diraguin lagi dong.


3.    SEKOLAH HIDAYAH
X: HAH SERIUSAN? MASA SIH. DIA TOBAT GARA GARA DENGERIN KULTUM MAMA DEDEH KALIK!
GUE : KAGA! KATA DIA SIH GARA GARA ATMOSFIR MACHE YANG BERHIDAYAH BGT SIST!!!
Serius deh guys aku nemuin banyak anak mache yang dapet hidayah semenjaks sekolah disini. Mau contoh nih??? Diantaranya, banyak yang dulu dah waktu sholat pas SMP malah keluyuran gak jelas. Sekarang mah se mache kalau udah waktu sholat pasti langsung sholat ke masjid! Bukan Cuma itu, yang dulu nya sekolah jilboob an, lepas-pake jilbab, sekarang udah stay sama jilbab. Contohnya kaya salah satu narasumber Emma nih, “ dulu aku orangnya kalo sekolah ato kemana mana jaraang banget pake krudung. Sekarang mah habis jadi anak mache, kalo gak pake krudung malah gatel, risih, ngerasa aneh sendiri.”Agestya,alumni tahun 2016.
GUE : TUH KAN X! MBA AGES BENERAN DAPET HIDAYAH GARA GARA ABIS MASUK MACHE! GUE JUGA! MASA LU NGGA, X?
X : Oh iya ya, dipikir pikir semenjak masuk mache kerudung gua jadi bener. Dulu mah nepak banget di dada, dah kaya pake krudung renang. Sekarang hamdalah lah udah nutup dada:’) (katanya sambil terharu, hampir netes….) BTW, emang lu dapet hidayah apaan, Em?
GUE : GUE? Hamdalah lah karena gua dulu smp boarding rasa pondok, ya disini bisa nge-istiqomahin budaya pondok di dulu. Sholat tepat waktu, tadarus, puasa senin kemis. Di sekolah mana lagi gue bakal istiqomah kaya gini? Palingan kalo dah di SMA 0 gue dah sekolah pake bikini neon tuh.

4. SEKOLAH RASA EVENT ORGANIZER
Wohhh tanya tentang event mache? Bejibun sit gan! Mulai dari yang internal sampe external ada semua. Dan keistimewaan dari system pemerataan panitia disini setiap siswa pasti pernah ngerasain jadi panitia event loh! Jadi gak musti itu mulu itu mulu, kamu gak cantik? Gak gak terlalu pinter? Gak kurus? Tetep dipilih jadi panitia kook! tujuan kita meratakan panitia biar apa? Biar semua siswa pernah ngerasain berkecimpung di social yang ngehubungin sama orang luar, bukan Cuma sama anggota sekolah aja. Dan yang lebih penting, BIAR KITA GAK PINCANG! Kok bisa biar gak pincang? Apa hubungannya ? logika nya gini, kalo kita dah belajaaaaar mati mati an biar sukses ulangan atau ngejar rangking yang bagus tapi kalo kita ga pernah ngerasain hal hal yang berbau lepas akademik. Kek berbaur sama masyarakat dll. Nah, besok  pas kalian semua dah keluar dari sekolah itu, ya kalian pincang lah. Karena kalian Cuma punya basic akademik yang notabenenya gak terapan ke masyarakat. Kalau ada keahlian mengatur orang, berkomunikasi yang baik, at least kalian dah punya 1 poin plus yang gak dimiliki sama anak lain. Bukan Cuma buat ngisi curriculum vitae, atau gak usah repot repot ikut EO biar dapet pengalaman ngevent di daerah kalian, atau yang lebih rempong gak usah ikut les komunikasi yang baik dan benar. Di mache kalian bisa dapetin pengalaman social-able yang gak cuma iming iming. Ini asli! Gue dah ngerasain sendiri. Mulai dari lebih pede sama siapapun itu, ketemu manajer suatu media ternama, wasit nasional buat kerjasama bareng, dan masih banyak lagi. Kuncinya biar di mache atau dimanapun kalian bisa eksis dan full show up adalah; jangan kerja untuk dipandang. perbaiki kualitas mu, maka kamu akan otomastis dipandang orang orang. Dan satu hal yang paling penting; kesempatan tidak datang dua kali, kalau dia sudah melewati mu, mampuslah kamu. Kamu kehilangan jackpot itu. Apa artinya? Ambil kesempatan yang mache sediakan disini. Gak usah ngelak deh, jalanin aja! Kuncinya itu ya cuman JALANIN AJA! Tapi tapi, jangan lupain tugas tugas mu ya guys, jangan terlena, sekalipun ngevent adalah hoby atau mungkin bakat kalian. Tujuan kamu pertama dan yang utama adalah BELAJAR 
5. OUTPUT SMA NEGERI TERBAIK SE-DIY
Input boleh gak nomer satu? Tapi output harus nomer satu! 
Seperti kata orang orang, sekolah yang baik adalah sekolah yang mengubah bijih biasa menjadi bijih emas. pepatah itu lah yang cocok mendeskripsikan sekolah ini guys. Kenapa?
Perbandingan antara input dengan output siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta di tahun ajaran 2012/2013 tergolong paling tinggi di DIY.
Kepala SMAN 5 Yogyakarta, Drs H Jumiran  nih, input SMA5 jauh lebih rendah dibanding SMAN 2, SMAN 3 maupun SMAN 8 Yogyakarta. Tapi, hasil peringkat Ujian Nasional (UN) 2013 nunjukin prestasi memuaskan.
Untuk kelas IPA, SMAN 5 Yogyakarta ada di posisi tiga se-DIY dibawah SMAN 1 sama SMAN 3 Yogyakarta yang menempati posisi pertama & kedua. "Untuk raihan kelas IPA ini kami cukup bangga karena peringkat sekolah tinggi. Bahkan berada di atas SMAN 8 yang inputnya jauh lebih tinggi," ungkapnya. (KR.Com)
Nah diatas adalah kutipan dari salah satu media yang mengungkapkan prestasi gemilang SMA 5 di bagian OUTPUT.

  6. NON SENIORITAS!!
Asas liberty, equality, fraternity disini jalan banget guys. Mulai dari adkel, kakel semua punya hak yang sama buat berkembang disini. Bukan Cuma itu, hubungan antar angkatan disini harmonis. Gak yang tawuran apa perang gitu nggak, Alhamdulillah. Adkel nya hormat sama kakel, kakel nya sayang adkel. Tapi bukan berarti sayang sayangan semua pacaran gitu juga ngaaak bhehee. Kita disini sama sama ngerti dan toleransi. Senioritas harus dibasmi, dari dulu hal itu gak ada di mache. SENIORITAS? GAK LEVEL!

Dibawah ini dokumentasi kegiatan SMA 5 YOGYAKARTA yang bahasa bekennya disebut MACHE/ PUSPANEGARA! 

Foto bersama anggota organisasi MPK-OSIS-ROHIS SMA N 5 Yogyakarta dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan sebagai simbol persatuan organisasi internal.

Pleton Inti Putra SMA N 5 Yogyakarta yang bernama PASCAGARA terlihat baris dengan gagah saat perlombaan baris berbaris.

Kegiatan KEMAH yang diadakan di PENTINGSARI pada Oktober 2015 silam berhasil berjalan kondusif dan menarik antusias para peserta.
Salah satu kegiatan MACHE yang telah diliput oleh TRIBUN Jogja.
Nuansa kekompakan siswa siswi MACHE dalam menyupport tim futsal kebanggan menuju kemenangan

Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin dalam rangka memupuk bela negara siswa/i dan mencintai tanah air.

So, masih bingung mau ke SMA mana?


0 komentar:

Posting Komentar

 

Viva La Vida Template by Ipietoon Cute Blog Design